10 Cara Mencari Pinjaman Pribadi untuk Modal, Tanpa Riba, Tanpa Jaminan

pinjaman pribadi tanpa riba tanpa jaminan


Saat ini banyak sekali orang yang mencoba peruntungannya dalam berbisnis. Untuk memulai berbisnis tentunya butuh modal. Modal yang digunakan untuk berbisnis pun tak boleh sembarangan, harus bebas dari riba. Karena jika menggunakan uang yang berbau riba ditakutkan bisnis tidak akan berjalan lancar.

Nah bagi Anda yang sedang mencari modal untuk mulai berbisnis, 10 cara mencari pinjaman pribadi berikut perlu dicoba.

10 Cara Mencari Pinjaman Pribadi untuk Modal, Tanpa Riba, Tanpa Jaminan


Mencari pinjaman pribadi yang terlepas dari riba dan tidak perlu jaminan bisa didapat dari beberapa cara berikut ini.

1.  Meminjam pada Keluarga atau Sahabat


Cara mencari pinjaman pribadi tanpa riba yang pertama adalah dengan meminjam pada orang terdekat, seperti pada keluarga atau sahabat. Meminjam uang pada mereka tentunya tidak perlu jaminan dan terbebas dari riba. Cara satu ini merupakan cara terbaik, karena Anda akan terbebas dari bunga dan syarat rumit lainnya.

Namun satu hal yang perlu diingat, saat keluarga atau teman sudah membantu Anda dengan memberi pinjaman, maka Anda tidak boleh menunda-nunda dalam mengembalikan uang pinjaman tersebut. Jika sudah memiliki uang, sebaiknya langsung Anda bayar agar Anda tidak kehilangan kepercayaan teman atau keluarga.

2.  Mencari Modal di Situs Crowdfunding


Apabila teman atau keluarga Anda tidak memiliki uang yang bisa Anda pinjam, maka cara mencari pinjaman pribadi tanpa riba untuk modal selanjutnya yaitu dengan bergabung di situs cowdfunding. Situs crowdfunding biasanya dimanfaatkan untuk mencari modal dalam pelaksanaan proyek, kegiatan, atau usaha tertentu.

Cara kerja crowdfunding yaitu Anda share ide atau inovasi Anda pada situs tersebut. Jika ide Anda sangat menarik dan bermanfaat, maka kemungkinan besar banyak yang akan membantu dana untuk keberlangsungan usaha Anda. Crowdfunding ini biasanya juga dimanfaatkan untuk menggalang dana bencana alam dan bantuan kegiatan sosial lainnya. Situs crowdfunding di Indonesia yang bisa Anda coba antara lain yaitu KitaBisa, Wujudkan, GandengTangan, dan Crowdtivate.

3.  Warung Mikro BSM


Warung Mikro Bank Syariah Mandiri (BSM) merupakan program pinjaman pribadi tanpa riba dan tanpa angunan yang diadakan oleh Bank Mandiri Syariah. Pinjaman satu ini terbebas dari riba karena dikelola oleh bank berbasis syariah. Warung mikro BSM ini menyediakan pinjaman bagi masyarakat pengelola usaha kecil dan menengah. Nantinya pihak bank akan melakukan survei dan penilaian pada nasabah calon peminjam.

Syarat mengajukan pinjaman warung mikro BSM untuk modal usaha yaitu memiliki pekerjaan tetap minimal 1 tahun dibuktikan dengan surat keterangan kerja atau SK pegawai dan usia minimal 21 tahun saat mengajukan pinjaman, dan maksimal 55 tahun saat pelunasan peminjaman. Jumlah uang yang bisa dipinjam di program warung mikro mencapai Rp 100 juta.

4.  BNI Syariah


BNI Syariah juga mengadakan program peminjaman uang tanpa riba dan tanpa angunan untuk nasabah. Jenis programnya pun banyak yaitu pembiayaan konsumer, mikro, korporasi, dan usaha kecil & menengah. Untuk usaha kecil dan menengah sendiri dibagi menjadi tujuh jenis yaitu BNI Syariah Wirausaha (Wirausaha iB Hasanah / WUS), BNI Syariah Valas (Pembiayaan Valas iB Syariah), BNI Syariah Kopkar/Kopeg, BNI Syariah Dealer iB Hasanah, BNI syariah Tunas Usaha, BNI Syariah Usaha Kecil (Usaha kecil iB Hasanah), BNI Syariah Linkage.

Jika Anda ingin mencari pinjaman pribadi untuk modal, maka program yang tepat adalah BNI Syariah Wirausaha, BNI syariah Tunas Usaha, BNI Syariah Usaha Kecil. Syarat mengajukan pinjaman dan ketentuan lebih lanjutnya bisa Anda lihat langsung di website resmi bank BNI Syariah.

5.  BRI Syariah


Cara mencari pinjaman pribadi tanpa riba untuk modal selanjutnya yaitu dengan meminjam di bank BRI Syariah. BRI Syariah memiliki program KUR Mikro iB BRISyariah yang jumlah maksimal peminjamannya Rp 25juta.

Syarat mengajukan pinjaman untuk modal di BRI Syariah yaitu usaha yang akan ditekuni produktif dan layak, telah melakukan usaha aktif minimal 6 bulan, memenuhi persyaratan administrasi seperti E-KTP, KK, surat izin usaha, dan lain sebagainya. Untuk persyaratan dan ketentuan lebih lanjut bisa langsung ditanyakan di bank BRI Syariah.

6.  BCA Syariah


BCA Syariah juga memiliki beberapa program pembiayaan. Jenis pembiayaan yang cocok untuk modal yaitu Pembiayaan Modal Kerja dan Pembiayaan UMKM Bina Usaha Rakyat (BUR).

BCA Syariah menerapkan prinsip syariah sehingga terbebas dari riba. Untuk syarat dan ketentuan peminjaman bisa langsung dilihat di website bank bca syariah. 

7.  BTN Syariah


Cara mencari pinjaman pribadi tanpa riba untuk modal selanjutnya yaitu di BTN Syariah. BTN Syariah menyediakan produk pembiayaan modal kerja BTN iB yang prinsipnya membantu memberi solusi modal kerja nasabah yang ingin mendirikan usaha. Akad yang digunakan yaitu kerjasama atau mudharabah atau musyarakah.

Syarat mengajukan pinjaman yaitu peminjam harus berpengalaman dalam menjalankan usaha sejenis minimal 2 tahun dan melengkapi dokumen-dokumen tertentu. Keterangan lebih lanjut bisa langsung dicek di website BTN Syariah. 

8.  Syariah Bukopin


Bank Syariah Bukopin juga menyediakan produk pembiayaan. Jenis pembiayaannya yang diadakan sangat banyak. Anda bisa cek jenis pembiayaan, ketentuan, dan persyaratannya di website bank syariah Bukopin.

Bank Syariah Bukopin menggunakan prinsip syariah sehingga uang untuk modal terlepas dari riba. Anda juga bisa meminjam tanpa perlu memberi jaminan, yang penting Anda memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

9.  Muamalat


Jika mencari pinjaman pribadi tanpa riba maka tidak terlepas dari bank syariah. Kini bank muamalat syariah juga menyediakan pembiayaan iB Muamalat Modal Kerja. Pembiayaan iB Muamalat Modal Kerja memberi pilihan akad yaitu musyarakah, mudharabah, dan murabahah. Nanti pemilihan akad disesuaikan dengan kebutuhan modal kerja nasabah.

Syarat mengajukan pinjaman antara lain yaitu melengkapi formulir permohonan pembiayaan, fotocopy KTP dan KK, fotokopi NPWP, surat keterangan kerja, laporan usaha 2 tahun terakhir, fotokopi rekening telepon dan listrik, dan lain sebagainya. Anda bisa melihat persyaratan lebih lanjut di website bankmuamalat. 

10.  Victoria syariah


Cara mencari pinjaman pribadi tanpa riba untuk modal selanjutnya yaitu dengan meminjam di bank victoria syariah. Bank victoria syariah menyediakan program UKM, pembiayaan usaha kecil dan menengah.

Jenis produk UKM Victoria Syariah ini ada 3 jenis yaitu UKM Modal kerja ViS iB untuk kebutuhan modal kerja usaha dengan akad murabahah atau mudharabah , UKM Investasi ViS iB untuk kebutuhan investasi usaha dengan akad murabahah atau IMBT, dan UKM PRKS ViS iB untuk pembiayaan revolving melalui media koran dengan akad musyarakah. Syarat dan ketentuan peminjamannya bisa Anda lihat lebih lanjut di website bank Victoria Syariah

Nah, demikian tadi sedikit penjelasan tentang 10 cara mencari pinjaman pribadi untuk modal, tanpa riba, dan tanpa jaminan. Semoga bermanfaat dan semoga Anda bisa mendapatkan modal untuk usaha Anda.




0 comments