Cara Mendapatkan Pinjaman Uang Tanpa Jaminan di Koperasi


cara mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan di koperasi


Kebutuhan yang mendesak tidak dapat diprediksi. Bagi yang memiliki tabungan tentu tidak mempermasalahkan hal tersebut. Namun bagaimana nasib orang yang tidak memiliki tabungan atau keuangannya pas-pasan? Tentu mereka akan bingung mencari pinjaman. Pinjaman di bank pun kebanyakan memerlukan jaminan jadi tidak semua orang bisa meminjam.

Nah jika Anda termasuk orang yang sedang memiliki kebutuhan mendesak, perlu pinjaman uang, dan ingin pinjaman tanpa jaminan, maka jangan khawatir. Anda bisa meminjam di koperasi. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan di koperasi.

Cara Mendapatkan Pinjaman Uang Tanpa Jaminan di Koperasi


Meminjam uang di koperasi lebih mudah jika dibanding meminjam uang di bank dan lebih aman juga jika dibanding meminjam uang pada rentenir. Jika Anda tertarik untuk meminjam uang di koperasi, berikut cara mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan di koperasi.

1.  Menghubungi admin atau contact person koperasi


Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mencari nomor admin koperasi dan menghubunginya. Atau semisal koperasi dekat dengan tempat tinggal Anda, maka Anda bisa langsung mengunjunginya. Kemudian Anda tinggal menyampaikan maksud Anda, yaitu untuk meminjam uang. Tanyakan saja pada pihak koperasi mengenai syarat dan ketentuan agar bisa meminjam uang.

Biasanya jika baru pertama kali meminjam limit peminjamannya cukup kecil, berkisar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 tapi tergantung koperasinya juga. Setiap koperasi menerapkan ketentuan yang berbeda-beda. Limit peminjaman biasanya akan bertambah tinggi jika Anda sudah berkali-kali meminjam di koperasi tersebut dan track record Anda baik.

2.  Memenuhi syarat yang telah ditentukan


Jika Anda sudah bertanya syarat apa saja yang dibutuhkan untuk bisa meminjam uang di koperasi, maka langkah selanjutnya yaitu segera memenuhi syarat yang telah ditentukan. Syarat yang ditentukan setiap koperasi berbeda-beda, berikut syarat meminjam uang tanpa jaminan di koperasi pada umumnya.

-     Menjadi anggota koperasi (jika belum berstatus sebagai anggota koperasi, maka harus mendaftar terlebih dahulu)
-     Fotokopi KTP pemohon dan KTP pasangan jika sudah menikah
-     Fotokopi Kartu Keluarga
-     Mengisi formulir pengajuan pinjaman

Itu tadi syarat pengajuan pinjaman secara umum, untuk syarat lebih jelasnya Anda bisa langsung tanyakan di koperasi yang bersangkutan.

3.  Menunggu keputusan disetujuinya pinjaman


Pihak koperasi nantinya akan memproses pengajuan pinjaman Anda. Nah Anda tinggal menunggu dihubungi pihak koperasi. Jika Anda punya kenalan orang dalam atau punya teman yang merekomendasikan Anda, maka akan lebih mudah persetujuan pinjamannya.

4.  Pencairan dana pinjaman


Cara mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan di koperasi lebih mudah syaratnya, dan jika disetujui pun pencairan dana juga lebih cepat. Dana yang cair nantinya tidak 100 %, tapi hanya 90 %. 10 % nya akan masuk dalam tabungan dan bisa diambil saat pinjaman sudah lunas. Jadi jangan bingung jika dana tidak 100 % cair karena ketentuannya memang seperti itu.

Saat dana sudah cair, sudah lega bukan? Karena Anda bisa menyelesaikan masalah keuangan Anda untuk sementara. Namun ingat, jangan lupa untuk membayar angsuran setiap bulannya. Jika Anda lancar dalam pembayaran dan dapat dipercaya, maka Anda akan dimudahkan di peminjaman selanjutnya. Limit peminjaman Anda juga akan naik, sehingga Anda bisa meminjam dalam jumlah yang cukup tinggi.

Demikian tadi sedikit penjelasan tentang cara mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan di koperasi. Semoga pengajuan pinjaman Anda disetujui. Terima kasih.





0 comments