Modal Minim Bisa Main Saham, Simak Tipsnya Yuk!


belajar saham dengan modal kecil

Orang yang berinvestasi saham identik dengan orang kaya atau konglomerat. Benarkah begitu? Tentu saja tidak. Kini siapapun bisa bermain saham, termasuk mahasiswa yang notabenenya masih meminta uang dari orang tua. Modal yang dibutuhkan untuk bermain saham sangat terjangkau, minimum Rp 100 ribu dan maksimum tidak terhingga tergantung jumlah kekayaan Anda.

Sebelum bermain saham, Anda harus memahami teknik bermain saham terlebih dahulu agar tingkat risiko dapat diminimalisir sekecil mungkin. Bagi Anda yang tertarik berinvestasi saham tapi masih takut karena belum paham cara bermain saham, berikut cara main saham dengan modal kecil yang bisa Anda praktekkan.

1. Memilih Sekuritas yang Paling Aman

Sekuritas adalah wadah atau perantara dalam jual beli saham. Ketika ingin beli saham, Anda harus terdaftar pada sekuritas tertentu untuk melakukan aksi pembelian ini. Mengingat investasi saham kini semakin populer, banyak sekuritas baru yang mulai muncul ke permukaan, tapi tidak semua sekuritas tersebut terpercaya. Oleh sebab itu, cari tahu informasi detail mengenai sekuritas tersebut sebelum Anda menjadi salah satu nasabah didalamnya.

2. Membuka Rekening Saham

Setelah mendapat nama sekuritas yang paling aman, kini saatnya untuk membuka rekening saham. Datangi kantor sekuritas tersebut dan katakan kalau Anda ingin daftar menjadi nasabah. Isi formulir yang diberikan oleh petugas secara benar dan lengkap karena informasi ini akan terus berlaku selama Anda menjadi nasabah tetap di perusahaan sekuritas yang bersangkutan.

3. Membeli Saham yang Profitabel

Terjun ke dunia saham tidak seenak terjun payung karena Anda harus melakukan pengamatan kecil dulu sebelum akhirnya membeli saham. Saham yang diperjualbelikan sangat banyak, tapi tentukan saham jenis apa yang akan dibeli. Apakah itu saham di bidang industri, infrastruktur, perbankan, atau bahan pangan. Pilih satu nama saham yang dianggap paling profitabel. Profitabilitas saham bisa dilihat dari laporan keuangan yang secara tidak langsung akan menunjukkan kinerja perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Salah jenis saham yang pasti profitabel adalah saham yang masuk dalam golongan saham blue chip. Tapi, harga saham blue chip sangat teramat mahal. Satu lembarnya saja bisa mencapai Rp 20 ribuan, berarti kalau satu lot bisa mencapai Rp 2 jutaan. Berhubung modal Anda sangat minim, sangat tidak mungkin untuk membeli saham blue chip seperti ini. Beralih lah ke saham jenis lain yang profitabel dan pastinya sesuai dengan budget yang dimiliki.

4. Memahami Tingkat Risiko Investasi Saham

Untung rugi dalam berbisnis sudah menjadi risiko para pelaku bisnis. Tapi risiko ini bisa diminimalisir sedemikian rupa agar Anda tidak kehilangan seluruh modal yang sudah diinvestasikan. Caranya dengan memahami tingkat risiko dari saham yang dipilih. Semakin tinggi profit sebuah saham, maka semakin tinggi pula risiko yang harus ditanggung oleh investor yang bersangkutan. Dan sebaliknya.

Jika Anda termasuk orang yang risk taker, bergabunglah pada investasi saham. Sedangan bagi Anda para non-risk taker sebaiknya pilihlah jenis saham yang laju pertumbuhannya tidak terlalu fluktuatif, seperti reksadana dan deposito.

5. Mengamati Laju Pertumbuhan Ekonomi

Laju pertumbuhan saham tidak pernah lepas dari laju pertumbuhan ekonomi suatu negara. Keduanya memiliki hubungan timbal balik yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain. Apabila kondisi ekonomi sedang lesu, harga saham pun akan turun sehingga investor yang menjual saham pada kondisi ini akan menanggung kerugian yang lumayan besar. Oleh sebab itu, luangkan waktu Anda untuk mengamati laju pertumbuhan ekonomi baik dari berita di televisi atau koran.

6. Memantau Pergerakan Harga Saham

Cara main saham dengan modal kecil yang terakhir adalah rajin memantau pergerakan harga saham. Sama halnya dengan harga tiket pesawat, harga saham juga sangat fluktuatif. Dalam 5 menit saja, harga saham bisa naik, bisa juga turun. Memantau harga saham tidak harus lewat aplikasi yang disediakan oleh sekuritas, tapi bisa melalui Google. Ketikkan nama saham yang saat ini sedang Anda pegang, lalu amati bagaimana perkembangannya. Begitu juga dengan saham lain yang ingin Anda beli.

Terjun ke dunia saham memang harus siap dengan segala konsekuensi dan risiko yang ada. Tidak semua saham menguntungkan, tidak semua pula merugikan, tergantung dari laju pertumbuhan ekonomi dan jumlah permintaan saham yang bersangkutan. Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia saham, pahami cara main saham dengan modal kecil di atas agar saham yang Anda beli bisa memberikan keuntungan yang optimal. Good luck!

0 comments