Ide Bisnis Online Syariah Terpercaya, Aman, dan Menguntungkan


peluang usaha online syariah

Pertama kali mendengar kata syariah, Anda mungkin akan membayangkan sistem keuangan berbasis syariah. Entah itu asuransi syariah, tabungan maupun simpanan syariah. Ternyata embel-embel syariah tidak hanya melekat untuk instrumen keuangan saja, tapi juga untuk dunia bisnis yang dinamakan bisnis online syariah. Nama bisnis syariah mungkin masih terdengar asing di telinga. Untuk informasi lengkapnya, TanpaHutang.com akan kulik disini.

Apa Itu Bisnis Online Syariah?

Bisnis online syariah adalah bisnis yang mempertemukan penjual dan pembeli melalui teknologi internet, yang mana perjalanan bisnisnya masih berasaskan nilai-nilai agama Islam, sehingga tidak ada satu pihak pun yang dirugikan. Tingkat keuntungan dari bisnis online syariah pun masih masuk akal yang berarti tanpa unsur pemerasan kepada pihak konsumen.

Pertanyaannya, ide bisnis syariah seperti apa yang cocok dijalankan di era modern? Bagaimana mekanisme bisnisnya? Berikut penjelasannya.

Ide Bisnis Online Syariah Terpercaya

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dijalankan, tapi yang namanya dunia bisnis kebanyakan bertentangan dengan hukum Islam karena mendatangkan riba dalam jumlah yang cukup besar. Tapi tunggu dulu, ide bisnis di bawah ini dijamin halal dan bebas dari unsur pemerasan.  Apa saja kira-kira?

1. Menjadi Dropshipper

Bisnis online syariah terpercaya pertama adalah menjadi seorang dropshipper atau perantara yang menghubungkan penjual dan pembeli. Mekanisme kerjanya sangat mudah. Seorang dropshipper hanya perlu menawarkan barang kepada pembeli. Apabila pembeli tertarik melakukan order, maka dropshipper akan langsung menghubungi penjual supaya barang segera diproses dan dikirimkan kepada pembeli. Jadi barang tersebut tidak sempat jatuh ke tangan dropshipper karena barangnya langsung diserahkan kepada pembeli yang bersangkutan.

Seorang dropshipper berhak menaikkan harga jual suatu barang, tapi masih dalam batasan wajar agar tidak melanggar hukum syariah.

2. Menjual Produk Handmade

Bisnis rumahan sekalipun kini banyak dijajakan melalui online dengan tujuan untuk memperkecil jumlah modal. Sebab bisnis online tidak membutuhkan tempat untuk menjajakan barang jualan karena tempat tersebut sudah tersedia secara otomatis, yaitu internet. Jika Anda pintar membuat ukiran kayu atau menjahit, barang yang dihasilkan dari kerajina tersebut bisa dipasarkan lewat online. Selain memperoleh keuntungan yang halal, berbisnis online juga akan mempercepat perkembangan bisnis sehingga produk handmade milikmu jadi lebih dikenal dan diminati oleh masyarakat.

3. Bisnis Afiliasi Marketing

Afiliasi marketing hampir mirip dengan bisnis dropshipper dimana Anda bekerja sebagai tangan kanan dari pemilik bisnis yang kemudian akan menjajakan barang kepada konsumen. Komisi yang didapat bukan berasal dari pembeli tapi dari produsen karena Anda sudah bersedia membantu produsen tersebut memasarkan suatu produk. Komisi yang diberikan biasanya berbentuk persenan, misalnya 3% dari harga setiap produk.

4. Bisnis Google AdSense

Jika Anda lagi mencari bisnis online syariah terpercaya dan menguntungkan tapi masih sesuai dengan ajaran Islam, maka bisnis Google AdSense ini layak dicoba. Google AdSense sendiri adalah bisnis periklanan yang dipasang pada blog atau platform online yang Anda miliki. Iklan yang dipasang haruslah terbebas dari unsur pornografi dan SARA agar tidak melanggar hukum Islam. Bangun platform online sebaik mungkin dan sisipkan AdSense yang bermanfaat agar bisnis ini bisa menghasilkan.

5. Bisnis Makanan

Bagi Anda yang hobi memasak, bagaimana kalau masakan Anda dijual secara online jadi makanan yang dibuat tidak hanya dicicipi oleh anggota keluarga saja tapi juga dicicipi oleh orang lain. Kedengarannya asyik kan? Tapi berhubung karena makanan cepat basi, sebaiknya pilih makanan yang lebih awet dan tahan lama untuk menghindari reaksi kimia saat barang tersebut masih berada dalam proses pengiriman ke konsumen. Aneka makanan seperti kue kering dan biskuit bayi bisa dijadikan referensi saat menjalankan bisnis ini.

Apakah Anda tertarik untuk menggeluti salah satu bisnis online syariah terpercaya di atas?

0 comments