Terlilit Hutang kartu kredit? ini Cara Melunasi kartu kredit tanpa Bayar

Cara Melunasi kartu kredit tanpa Bayar

Cara Melunasi Kartu Kredit Tanpa Bayar

Kartu kredit bagi sebagian orang saat ini merupakan hal yang penting.  Terkadang orang tidak membawa uang tunai dan hanya membawa kartu kredit saja untuk melakukan berbagai transaksi. 

Lantas apakah sebenarnya pengertian kartu kredit?

Pengertian Kartu Kredit

Pengertian kartu kredit secara gampang dapat diartikan sebagai alat pengganti pembayaran yang bersifat non tunai. Dengan memiliki kartu kredit anda tidak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah besar ke mana-mana. 

Membawa uang tunai dalam jumlah besar tentunya sangat beresiko apalagi pada jaman sekarang ini. Oleh karena itulah diciptakan kartu kredit untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. 

Nantinya setiap bulannya anda akan menerima tagihan berdasarkan jumlah transaksi yang anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit tersebut.

Jenis-Jenis Kartu Kredit Secara Umum

Untuk melengkapi informasi pengertian kartu kredit kali ini, berikut akan tersaji jenis-jenis kartu kredit secara umum. Dunia perbankan yang mengalami perkembangan setiap harinya membuat pihak Bank sekarang mengeluarkan berbagai macam kartu kredit. Namun secara umum kartu kredit dapat dibedakan berdasarkan level nasabahnya. Inilah jenis kartu kredit secara umum yang dibedakan dari level penggunanya.

1.  Kartu Kredit Silver

Jenis kartu kredit silver pada umumnya mempunyai limit dari 3 juta sampai 4 jutaan rupiah. Yang memiliki atau menggunakan kartu kredit silver ini biasanya adalah karyawan level menengah atau staff.

2. Kartu Kredit Gold

Jenis yang kedua adalah kartu kredit Gold. Anda bisa menggunakan kartu kredit gold ini dengan limit dari 5 juta sampai 20 jutaan rupiah. Biasanya orang yang menggunakan dan memiliki kartu kredit jenis ini adalah karyawan kelas atas seperti manager atau supervisor yang memiliki penghasilan di atas 5 jutaan per bulannya.

3. Kartu Kredit Platinum

Yang ketiga adalah jenis kartu kredit platinum. Kartu kredit platinum ini bisa digunakan dengan limit lebih dari 20 jutaan rupiah. Tentunya orang-orang yang memiliki dan menggunakan kartu kredit platinum ini adalah kalangan kelas atas seperti direktur, bisnisman dll.

Di samping 3 jenis kartu kredit tersebut, sering dijumpai juga Bank yang mengeluarkan kartu kredit jenis lain. Kartu kredit jenis lain itu adalah kartu kredit Ultima. Kartu kredit ultima ini memiliki limit di atas 100 jutaan rupiah bahkan lebih. 

Biasanya pihak Bank memberikan kartu kredit ultima ini kepada nasabah yang sudah setia mempercayakan uangnya kepada Bank tersebut. Namun tentunya melewati berbagai macam analisa yang dilakukan oleh pihak Bank untuk menentukan pemberian kartu kredit jenis ultima ini.

Selain itu sekarang ini juga banyak supermarket yang bekerjasama dengan Bank untuk membuatkan kartu kredit kepada pelanggannya. Kartu kredit itu nantinya akan berguna bagi pelanggan untuk bisa mendapatkan diskon di supermarket tersebut.



Baca juga: 

Cara Melunasi Hutang dalam Islam Sesuai Ajaran Rosulullah


Solusi Serta Cara Melunasi Kartu Kredit tanpa Bayar


Di zaman seperti ini tentunya kartu kredit memiliki fungsi yang sangat banyak sekali. Karena zaman seperti ini banyak yang menggunakan kartu kredit tersebut sebagai sarana dalam pembayaran, baik pembayaran offline maupun pembayaran online.  


Hal ini dilakukan karena dengan adanya kartu kredit maka akan  mengurangi pembawaan uang yang banyak. Namun adakalanya memiliki kartu kredit berarti memiliki utang sehingga kita juga harus mengetahui bagaimana cara melunasi kartu kredit tanpa bayar.



Faktor Yang Menyebabkan Kartu Kredit Bermasalah



Banyak sekali bank yang menawarkan kartu kredit dengan alasan kemudahan dalam menggunakannya. Namun sayangnya dengan adanya kemudahan yang diperoleh tersebut, membuat para nasabah menjadi terlalu nyaman  dan terlena sehingga menimbulkan banyak masalah.  Masalah tersebut antara lain:

• Mengajukan sebuah pinjaman yang tidak sesuai dengan kemampuan membayar


• Kartu kredit banyak digunakan untuk konsumsi yang berlebihan


• Membuat kartu kredit baru untuk menutupi masalah keuangan yang lalu



Cara Melunasi kartu kredit tanpa Bayar:




1) Memanfaatkan Fasilitas Gesek Tunai

Fasilitas ini biasa digunakan dalam melunasi kartu kredit anda ketika anda memiliki dana yang sedikit untuk melunasi hutang anda.  Rasanya anda sudah sangat sering sekali mendengar  kata ini, karena memang menjadi kata yang sudah familiar. Pada umumnya alat ini digunakan untuk pembelian barang, namun bisa juga sebagai  sarana untuk melunasi hutang anda.


2) Mengubah Kartu Kredit Anda Menjadi Kredit Tanpa Agunan


Istilah kredit tanpa agunan biasanya sudah sangat sering kita dengar.  Produk ini biasanya dikeluarkan oleh sebuah bank yang juga menerbitkan kartu kredit. Namun  untuk pengembalian  biasanya menggunakan pembayaran yang dilakukan setiap bulannya. Tempo yang digunakan biasanya 1 sampai dengan 5 tahun.


Anda bisa  melakukan hal ini dengan melakukan kunjungan ke bank penerbit kartu kredit anda. Hal ini anda lakukan dengan alasan jikalau anda tidak bisa membayar utang pada kartu kredit yang anda miliki. 


3) Stop Utang Kartu Kredit

Langkah yang dapat Anda lakukan sekarang juga adalah berhenti menambah hutang kartu kredit. Jangan menambah hutang-hutang baru, termasuk jangan menggunakan kartu kredit yang satu untuk membayar cicilan kartu kredit yang lain. Dengan langkah ini Anda sudah berhenti menambah beban. Jika Anda sudah berhasil melakukan langkah pertama ini, selanjutnya baru masuk ke langkah 2.



4) Prioritas Lunasi Pokok Kredit Terkecil

Dalam dunia keuangan, ada dua strategi untuk melunasi hutang.

Strategi 1: membayar hutang dengan pokok kredit terkecil terlebih dahulu


Strategi 2: membayar hutang dengan bunga paling besar terlebih dahulu


Anda dapat memilih salah satu dari strategi di atas untuk menyelesaikan  hutang -hutang anda



5) Bayar Tepat Waktu Dan Di Atas Nilai Minimum

Dalam urusan kartu kredit selalu bayarlah  tepat waktu, tepat jumlah dan selalu bayar di atas nilai minimum. Jika Anda membayar nilai minimum, maka sisa tagihan akan dikenai bunga. Seperti yang Anda ketahui  bahwa kartu kredit termasuk kredit dengan bunga yang tinggi.


6) Tambah Penghasilan

Satu-satunya jawaban adalah dengan cara menambah penghasilan Anda. Ada beberapa cara untuk menambah pemasukan, termasuk dengan berbisnis online. Memang bukan hal yang mudah untuk menambah penghasilan, tetapi Anda perlu mempertimbangkan opsi ini.

Manfaatkan uang penghasilan tambahan dengan cara yang benar. Penghasilan tambahan tersebut sebaiknya digunakan untuk melunasi utang-utang yang ada. Dengan cara ini, Anda dapat segera bebas dari jeratan hutang kartu kredit.


7) Disiplin Dalam Mengelola Keuangan

Cara terakhir yang dapat di lakukan yaitu dengan disiplin, terutama dalam mengurus keuangan keluarga harus sedikit berhemat. Dalam kondisi terjebak cicilan hutang kartu kredit, memang perlu kerja keras.


8) Hati-Hati Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit adalah sarana pembayaran dan tidak disarankan untuk berutang kartu kredit. Satu hal yang harus diingat adalah sebelum menggesek kartu kredit, Anda harus sudah paham bagaimana cara untuk membayar pengeluaran tersebut. Jangan menggunakan cicilan kartu kredit, untuk membeli barang-barang yang sifatnya konsumtif. Usahakan agar selalu disiplin dalam menggunakan kartu kredit, gunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon dan keuntungan.

0 comments