Cara melunasi hutang dalam islam Sesuai Ajaran Rosulullah

Cara Melunasi Hutang dalam Islam Sesuai Ajaran Rosulullah

cara melunasi hutang dalam islam sesuai ajaran Rosulullah

Setiap orang pasti pernah berhutang  untuk mencukupi kebutuhannya dan hutang wajib untuk di bayar.  Melepaskan diri dari jeratan hutang  yang sudah menumpuk  tentu membutuhkan strategi khusus.  Cara melunasi hutang dalam islam  perlu tindakan yang nyata, agar kita terlepas dari jeratan hutang.

Dalam islam ada berbagai cara yang dapat di tempuh  agar kita bisa segera melunasi hutang yang berkepanjangan. Bagaimana cara melunasi hutang dalam islam? Berikut kami bahas satu-persatu.


Berdoalah Kepada Allah SWT

Ada satu doa yang Rasullah SAW ajarkan agar kita bisa segera melunasi hutang:
“ Ya allah aku berlindung dari kesusahan dan kedukaan, dari lemahnya kemauan dan rasa malas, dari sifat pengecut dan bakhil , dari belenggu hutang dan tekanan manusia. (HR Abu Dawud 4/353). Berdoalah dengan menyatakan niat untuk melunasi hutang bersungguh-sungguh.
Perbanyaklah berdzikir dengan membaca asmaulhusna “ YaaFattahuYaaRozzaqu” dan membaca “ Hasbunallohwani’malwakill” sebanyak-banyaknya.

Bersegera Untuk Melunasi

Saat berhutang, bersegeralah melunasi sebelum ajal menjemput. Tentu hidup tidak akan tenang jika masih terjerat dengan hutang. Buat daftar hutang yang dimiliki agar dapat merencanakan untuk segera melunasinya.

Jangan Bersedih

Hutang memang membuat hati sumpek. Otak menjadi kacau untuk di ajak berpikir. Hidup akan menjadi semakin menderita  jika bersedih akan hutang anda.  Sebaiknya gunakan waktu untuk bersemangat mencari cara agar dapat melunasi hutang

Jangan Menunda Pembayaran

Saat memiliki uang, segeralah untuk mencicil atau melunasi hutang anda dengan selalu menyegerakan pembayaran hutang maka lama-lama hutang tersebut akan lunas

Usaha Maksimal

Usaha yang maksimal dapat mencicil hutang anda. Carilah sumber pendapatan tambahan seperti melakukan pekerjaan atau menjalankan usaha sampingan.


Fokus Pada Solusi

Hutang berpotensi membuat orang  berfokus pada masalah. Cara melunasi hutang dalam islam salah satunya dengan mengubah cara berpikir dari memikirkan masalah  yang positif akan membuat pikiran menjadi jernih dan dapat menemukan solusi untuk melunasi hutang tersebut


Bersedekah

usahakan selalu bersedekah dari sebagian harta yang di dapat sebelum di pakai untuk keperluan sendiri. Jika tidak punya uang, bersedekahlah dengan ilmu atau dengan barang yang ada yang kita punya.


Baca juga: 




0 comments