Cara Beli Rumah Tanpa Kredit Bank

Cara Beli Rumah Tanpa Kredit Bank

Cara beli rumah tanpa kredit bank


Rumah memang kebutuhan pokok yang banyak dicari, karena selain sebagai tempat berteduh, rumah juga merupakan tempat berkumpul dan bercengkerama dengan keluarga. Namun kini harga tanah dan rumah semakin hari semakin meningkat.

Bagi yang tidak memiliki pekerjaan tetap atau hanya sebagai karyawan biasa, tentu sangat susah untuk memiliki rumah. Perlu kerja keras yang cukup lama.

Sebenarnya solusi yang ditawarkan saat ini adalah dengan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Kita hanya perlu membayar sekitar 10-20 % harga rumah, sisanya dibayar dahulu oleh bank, dan nantinya kita cicil per bulan pembayarannya pada bank.

Sayangnya solusi tersebut ternyata termasuk riba, yang akan mendatangkan dosa, keburukan, dan membuat hidup menjadi tidak tenang serta tidak berkah.

Namun jangan khawatir, berikut ada sedikit trik beli rumah tanpa kredit bank.

1. Berkenalan dengan orang yang berkecimpung di dunia properti


Sebelum membeli rumah, sebaiknya kita berkenalan dengan orang yang telah ahli dan telah lama berkecimpung di bidang properti. Dengan memiliki kenalan orang-orang tersebut, kita bisa banyak bertanya tentang tipe-tipe rumah dan harga setiap tipe rumah.

Harga yang ditanyakan sebaiknya harga rumah sekarang dan beberapa tahun yang akan datang saat kita sudah siap membeli rumah.

Jika kira-kira sudah memiliki bayangan rumah yang ingin dibeli, kita bisa juga tanya lokasi rumah yang tersedia. Mereka pasti bisa memberi saran lokasi-lokasi rumah yang strategis dengan harga terjangkau.

Semisal kita ingin membangun rumah sendiri, kita bisa juga berkonsultasi pada mereka mengenai harga tanah, harga bahan-bahan bangunan yang diperlukan, keuntungan dan kerugiannya membangun rumah sendiri.

2. Mencari Angel Investor


Jika sudah memutuskan tipe rumah yang hendak dibeli, trik beli rumah tanpa kredit bank selanjutnya adalah dengan mencari angel investor. Angel investor atau investor malaikat merupakan orang ataupun institusi yang mau membantu kita membeli rumah impian tanpa pamrih.

Para angel investor biasanya membantu kita semata-mata agar mendapat pahala dari Allah dan mereka sama sekali tidak mengharap imbalan. Posisinya disini kita memang masih dikatakan kredit rumah, tapi bedanya kita tidak terbebani dengan adanya bunga dan peraturan yang ketat. Kita pun bisa terbebas dari riba.

Sayangnya di jaman sekarang ini agak susah mencari orang yang sebaik itu. Namun jangan patah harapan, karena tak ada yang tak mungkin. Bisa jadi orang-orang seperti itu ada di sekitar kita, baik itu dari keluarga, teman, ataupun kenalan.

3. Merinci dana yang harus dikumpulkan


Saat sudah memiliki pengetahuan tentang harga rumah yang diimpikan, langkah selanjutnya dalam membeli rumah tanpa kredit adalah dengan membuat rincian dana yang harus dikumpulkan. Rincian yang dibuat harus sesuai dengan penghasilan dan pengeluaran setiap bulannya.

Kita harus menghitung berapa uang yang perlu disisihkan tiap bulannya. Misalnya dalam empat tahun mendatang kita harus bisa membeli rumah yang harganya sekitar 240 juta. Maka kita bagi nominal tersebut dalam 4 x 12 bulan yaitu 48 bulan, hasilnya adalah 5 juta. Sehingga kita harus bisa menyisihkan uang untuk ditabung minimal 5 juta per bulannya.

4. Bekerja keras dan menabung


Jika sudah dirinci berapa dana minimal yang harus dikumpulkan dalam sebulan, maka cara cepat beli rumah tanpa kredit yaitu dengan bekerja keras dan menabung sesuai yang telah diperhitungkan sebelumnya.

Seumpama masih kurang, cobalah untuk hidup lebih sederhana. Tahan dahulu keinginan untuk membeli hal-hal yang tidak berguna. Jika sudah berkeluarga, ajak juga keluarga untuk lebih berhemat.

5. Menabung dalam bentuk emas


Jika takut harga rumah melonjak melampaui yang diperkirakan maka salah satu tips beli rumah tanpa kredit yaitu dengan menabung dalam bentuk emas. Baik itu perhiasan emas ataupun logam mulia emas.

Harga jual emas memang naik turun, tapi lebih sering naiknya. Sehingga kita bisa menjual lagi emas tersebut saat harganya sedang tinggi.

Dengan begitu, kita bisa memperoleh keuntungan yang dapat digunakan untuk tambahan membeli rumah jika harga rumah melejit.

Ada juga strategi kreatif dari Hari Putra, seorang motivator finansial dan managing director  WF 19 Technology Inc. Beliau mengatakan bahwa solusi mengatasi lonjakan harga rumah adalah dengan menabung dalam bentuk koin dinar emas.

Koin dinar emas merupakan emas 22 karat dalam bentuk koin dengan berat 4,25 gram. Perusahaan di Indonesia yang mencetak koin emas diantaranya yaitu Dinar ANTAM, Dinar Wakala Induk Nusantara, dan Dinar First.

Kelebihan dari investasi koin dinar yaitu dinar memiliki nilai dakwah karena dahulu pada zaman nabi sering digunakan sebagai mas kawin dan nilai jualnya juga cukup tinggi, khususnya di kalangan pencinta koin emas.

Jika pun harganya turun, jangan panik karena pasti harganya bakal naik lagi. Jadi menjualnya tunggu saat harganya sedang tinggi.

Saat membeli koin dinar, belilah yang bersertifikat agar nantinya pembeli yakin dan percaya saat membeli koin dinar kita. Koin dinar yang bersertifikat biasanya yang dicetak oleh perusahaan yang telah diakui, seperti koin dinar yang dicetak oleh  PT. Antam.

6. Mencari pekerjaan tambahan


Jika gaji sebulan dikurangi tabungan untuk membeli rumah tanpa kredit belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, maka kita harus pintar-pintar memanfaatkan waktu dan tenaga yang tersisa.

Kita usahakan mencari pekerjaan atau bisnis tambahan. Untuk pekerjaan tambahan, sebisa mungkin jangan mengganggu pekerjaan utama. Pekerjaan tambahan juga jangan membuat kita terlalu lelah. Kelelahan bisa menyebabkan sakit, yang malah membuat kita tidak produktif, tidak bisa bekerja, dan uang yang dikumpulkan habis untuk berobat.

Dan bila memilih untuk melakukan bisnis, sebaiknya memilih yang modalnya kecil. Sehingga bila terjadi hal yang terduga dan tak diinginkan, kerugian yang ditanggung tidak terlalu besar.

Pekerjaan dan bisnis yang tepat untuk sampingan yaitu agen properti dan bisnis online. Tapi agen properti hanya diperuntukkan bagi yang cukup ahli dan memiliki banyak pengetahuan. Karena modal dan resikonya termasuk besar, jika gagal kita bisa gagal juga membeli rumah dan sebaliknya jika berhasil, maka nanti bisa mendapat banyak keuntungan dan bisa membeli rumah sendiri dengan harga yang lebih murah.

Jika tidak terlalu ahli dalam bisnis properti yang resikonya besar, bisa mencoba bisnis online. Bisnis online hanya menggunakan modal yang minim, tapi jika telaten untungnya bisa sangat besar. Beberapa bisnis online yang bisa dicoba diantaranya yaitu dropship, affiliate marketing, membuat blog, pubhlishing iklan, membuat jasa content writter, membuat jasa pembuatan website, menyediakan jasa desain grafis, menjual foto, menjadi translator, menjadi youtuber, dan masih banyak lainnya. Bisa dibaca lebih lanjut di bisnis online pelunas hutang.


Demikian tadi sedikit tips dan trik beli rumah tanpa kredit dan tanpa riba. Memang intinya perlu kerja keras untuk mendapatkannya. Selamat bekerja keras untuk mendapatkan rumah impian Anda.










0 comments