Situs CrowdFunding di Indonesia yang perlu diketahui


Situs Crowdfunding Di Indonesia


Negara Indonesia ini terkenal dengan masyarakatnya yang senang gotong royong untuk membantu sesamanya. Dan sekarang kegiatan gotong royong itu bisa dilakukan secara online dengan adanya situs crowdfunding. Ya, dengan adanya situs crowdfunding memungkinkan kita membantu sesama yang sedang membutuhkan bantuan khususnya dana. Lantas sudah adakah situs crowdfunding di Indonesia? Jawabannya tentu sudah. Berikut ini beberapa di antaranya. 

Situs Crowdfunding Di Indonesia


1. Kitabisa.com


Kitabisa.com adalah salah satu pelopor situs crowdfunding di Indonesia. Sejak pendiriannya di tahun 2013 seiring berjalannya waktu, situs ini menjadi situs crowdfunding terbesar di Indonesia. Situs ini melakukan penggalangan dana untuk mendukung kreativitas anak-anak bangsa dalam hal pendanaan atau permodalan. Selain itu situs ini juga menggalang dana untuk aksi-aksi sosial yang dilakukan di Indonesia. Salah satu proyeknya yang paling menyita perhatian masyarakat adalah Momentum Pergerakan SaveMaster. Proyek tersebut berhasil melakukan penggalangan dana sejumlah 130 juta rupiah yang digunakan untuk pembangunan Masjid sebuah sekolah di Depok.

2. Ayopeduli.com


Ayopeduli.com adalah situs crowdfunding di Indonesia yang bergerak pada bidang sosial. Situs ini memang sengaja didirikan untuk tujuan sosial. Di situs ini anda akan menemukan banyak proyek sosial seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan dll. Contoh proyek di bidang pendidikan adalah penggalangan dana beasiswa maupun dana untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Situs ayopeduli.com ini pernah mengadakan proyek yang diberi nama Rumah Harapan. Proyek ini dibuat untuk membantu anak-anak yang menderita karena sakit penyakit. Dengan adanya proyek Rumah Harapan ini anak-anak tersebut mendapat donasi hingga Rp. 20.000.000,00.

3. GandengTangan.org


Situs GandengTangan.org ini sistemnya agak berbeda dengan situs crowdfunding lainnya. Dana yang didapatkan dari situs ini statusnya adalah pinjaman dan bukan donasi. Pinjaman itu dapat dikembalikan jika pihak yang pencetus proyek tersebut sudah mendapatkan keuntungan. Sayangnya situs ini masih baru dan belum bisa maksimal. Selain itu dapat dikatakan bahwa sistem yang digunakan GandengTangan.org ini adalah crowdlending dan bukan crowdfunding. Hal itu masih menjadi perdebatan yang belum jelas.


4. Crowdtivate.com

Situs crowdfunding ini sebenarnya berasal dari negara tetangga yaitu Singapura. Namun pada akhir tahun 2014 situs ini memutuskan untuk masuk ke Indonesia yang tampaknya membutuhkan bantuan mereka. Crowdtivate.com berfokus pada proyek-proyek yang berkaitan dengan kreativitas seperti teknologi, film, animasi dll. Salah satu proyeknya yang menjadi perhatian adalah iBam. Proyek iBam adalah proyek alat musik yang dibuat dari bambu dan berhasil mendapatkan dana hingga 13.000 dollar Singapura atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 130.000.000,00

Baca Juga : Awas Penipuan Dana Hibah Dari Luar Negeri

0 comments