Apakah Benar Generasi Millennials Akan Menjadi Gelandangan di Tahun 2020? - Tanpahutang.com

Apakah Benar Generasi Millennials Akan Menjadi Gelandangan di Tahun 2020?


gelandangan

Di berbagai portal berita terdapat berbagai macam asumsi mengenai sulitnya mendapatkan tempat tinggal. Salah satunya adalah generasi Millenials yang diprediksi akan kesulitan memiliki tempat tinggal pada tahun 2020 nanti. Asumsi ini rasanya bukan sekedar ramalan belaka mengingat banyaknya alasan yang melatarbelakanginya. Apa saja alasan mengapa generasi millennials akan kesulitan memiliki tempat tinggal di tahun 2020 nanti?

Baca juga : 4 Kesalahan Generasi Millenials Setelah Menerima Gaji Pertama

Harga rumah yang semakin mahal

Sejatinya harga properti memang selalu naik setiap tahunnya. Kenaikan ini dirasa wajar mengingat semakin padatnya penduduk yang tidak diimbangi dengan lahan yang ada. Di beberapa kota besar seperti Jakarta misalnya, rumah tapak mulai semakin langka dan banyak orang mulai beralih ke apartment sebagai tempat tinggalnya. Harga rumah di Jakarta bahkan mencapai 20 jutaan per meter perseginya saat ini.
Pesatnya kenaikan harga rumah di kota besar seperti Jakarta membuat banyak pengamat menilai generasi Millennials yang baru bekerja akan kesulitan untuk membelinya. Di samping itu, apartment yang menjadi solusi bagi para generasi Millenials yang ingin memiliki tempat tinggal juga perlahan harganya semakin naik. Belum lagi berbagai biaya lainnya yang dibebankan kepada penghuni apartment yang membuat banyak generasi millenials masih enggan untuk membeli apartment sebagai tempat tinggalnya. Kondisi ini membuat banyak pihak merasa bahwa di tahun 2020 nanti rasanya para generasi millenials akan kesulitan memiliki tempat tinggal yang layak huni.

Pendapatan yang tidak sepadan

Harga properti yang semakin mahal sejatinya merupakan hal yang lumrah. Namun, ketika kenaikan tersebut tidak diimbangi dengan naiknya pendapatan, maka ini bisa menjadi bencana bagi banyak orang termasuk generasi millenials. Untuk para generasi millenials yang baru bekerja, untuk memiliki rumah di saat ini rasanya masih sulit terwujud mengingat harga down payment yang ditawarkan masih cukup mahal. Di sisi lain, tingkat pendapatan para generasi millennials saat ini juga tidak dapat mengimbangi kenaikan harga properti setiap tahunnya. Hal ini lah yang membuat generasi millennials dianggap sulit untuk memiliki hunian pada tahu 2020 nanti.

Gaya hidup yang konsumtif

Konsumtif

Kondisi dimana harga rumah yang semakin mahal dan pendapatan yang tidak sepadan tidak dapat dikambing hitamkan begitu saja. Segala kondisi tersebut semakin diperparah oleh gaya hidup konsumtif yang telah mendarah daging pada kehidupan generasi millennials. Sebagai anak muda yang memiliki banyak keinginan, tak jarang generasi millennials menghabiskan uang gaji yang didapatnya untuk berbagai kebutuhan konsumtif. Mulai dari membeli kendaraan pribadi, handphone baru, makan di tempat-tempat mewah hingga berlibur ke luar negeri menjadi cara generasi millenials menghabiskan uang gaji yang diterimanya setiap bulan. Kondisi ini tentu bukan merupakan masalah besar jika nominal gaji yang diterima cukup tinggi. Namun, jika gaji yang diterima masih berada di ambang standar gaji yang ditetapkan pemerintah, ini tentu menjadi ironi tersendiri. Para generasi millennials seakan tidak menyadari bahwa mereka berada dibawah bayang-bayang ancaman tidak memiliki tempat tinggal di kemudian hari karena gaya hidupnya yang cukup konsumtif.

Baca Juga : 3 Tips Liburan Tanpa Hutang

Tidak pandai dalam mengelola keuangan

Tips financial plan

Bukan hanya memiliki gaya hidup yang konsumtif, mayoritas generasi millennials saat ini juga cenderung tidak pandai dalam mengelola keuangan pribadinya. Ditopang oleh gaya hidup yang konsumtif, kerap kali para generasi millennials menghalalkan hutang demi memenuhi gaya hidupnya. Padahal, gaji yang diterima bisa saja di alokasikan untuk berbagai hal yang dapat menjamin masa depannya seperti menabung atau berinvestasi. Kondisi inilah yang melengkapi berbagai prediksi mengenai sulitnya generasi millenials untuk memiliki hunian di tahun 2020 nanti.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Benar Generasi Millennials Akan Menjadi Gelandangan di Tahun 2020?"

Post a Comment