4 Kesalahan Generasi Millenials Setelah Menerima Gaji Pertama - Tanpahutang.com

4 Kesalahan Generasi Millenials Setelah Menerima Gaji Pertama


Millennials

Generasi millenials merupakan generasi muda yang tumbuh besar pada era digital sekarang ini. Kehadiran teknologi terkini membuat generasi millenials memiliki gaya hidup yang berbeda dibandingkan dengan orang-orang yang hidup di zaman sebelumnya. Perbedaan gaya hidup membuat generasi millenials memiliki gaya mengelola uang yang berbeda pula termasuk saat menerima gaji pertama. Perbedaan itulah yang kerap kali membuat generasi millenials terjerat hutang karena pengelolaan uang yang salah saat menerima gaji pertama. 4 kesalahan berikut biasanya dilakukan generasi millenials saat menerima gaji pertama.

Membeli kendaraan atau handphone baru

New Car

Memiliki kendaraan pribadi rasanya menjadi cita-cita sebagian besar generasi millenials saat ini. Bagaimana tidak, dengan adanya kendaraan pribadi para generasi Millenials bisa pergi kemanapun dengan kendaraan pribadinya tersebut. Tak hanya itu, peran kendaraan pribadi sebagai “status social” membuat banyak generasi millenials mencoba untuk membeli kendaraan baru setelah menerima gaji pertamanya. Hasilnya, uang gaji pertama yang didapatkan akan habis digunakan untuk membeli kendaraan baru.
Tak hanya kendaraan baru, salah satu barang yang biasanya dibeli oleh generasi millenials setelah menerima gaji pertama adalah Handphone. Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat banyak generasi millenials tidak ingin ketinggalan. Hasilnya, handphone dengan spesifikasi terbaru dan tercanggih pun dibeli dengan menggunakan uang gaji pertamanya. Padahal, belum tentu handphone yang dimiliki sudah tidak dapat digunakan lagi. Hal ini menjadi terasa lumrah karena handphone seperti barang primer saat ini dan bukan lagi barang tersier.

Mengajukan kartu kredit

Credit card

Kesalahan berikutnya yang dilakukan generasi millenials saat menerima gaji pertamanya adalah mengajukan kartu kredit. Kartu kredit merupakan sebuah layanan dari perbankan yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan kredit konsumtif dengan menggunakan kartu tersebut. Kartu kredit sejatinya lumrah digunakan terutama pada kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta dan Surabaya. Namun, penggunaan kartu kredit bisa menjadi pisau bermata dua terutama bagi Anda yang baru menerima gaji pertama.
Ketika Anda mengajukan permohonan kartu kredit, maka secara tidak langsung Anda akan mendorong diri Anda menjadi pribadi yang lebih konsumtif. Mengeluarkan uang untuk konsumsi memang wajar namun menjadi konsumtif bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan terlebih jika Anda baru saja menerima gaji pertama Anda. Penggunaan kartu kredit dapat membuat Anda menjadi pribadi yang lebih konsumtif karena kemudahan pembayaran yang diberikan. Untuk itu, sebaiknya jangan dulu mengajukan permohonan kartu kredit sampai Anda merasa benar-benar siap dengan berbagai risiko yang hadir dikemudian hari.

Tidak berinvestasi

Investasi

Tidak berinvestasi merupakan salah satu kesalahan yang sangat sering menghampiri generasi millenials ketika mendapatkan gaji pertama. Euforia gaji pertama yang membahagiakan kerap kali membuat generasi millenials terlena dan menghabiskan seluruh gaji pertamanya untuk kebutuhan konsumsi saja. Ini bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan mengingat generasi millenials memiliki banyak tanggungan beban finansial di masa mendatang.
Investasi rasanya menjadi pilihan yang bijak bagi para generasi millenials dalam merencakan masa depan yang cerah. Investasi dapat dilakukan dengan berbagai cara dan pilihan sesuai dengan keinginan Anda. Lalu kapan waktu terbaik untuk memulai investasi? Waktu terbaik untuk berinvestasi adalah sedini mungkin karena investasi yang ditunda akan membuat Anda menunda potensi profit dikemudian hari.

Tidak menyiapkan dana cadangan

Menabung

Pernah mendengar istilah tanggal tua? Ya, istilah tersebut lumrah diucapkan terlebih ketika menjelang masa-masa mendekati tanggal gajian. Kejadian tanggal tua menjadi lumrah karena pola konsumsi sebagian besar orang yang begitu besar ketika baru menerima gaji. Pun begitu dengan generasi millenials yang baru menerima gaji pertama dari pekerjaannya. Mengonsumsi gaji hingga tak tersisa menjadi hal yang sering terjadi setiap bulannya. Padahal, hal ini bisa mengganggu kondisi keuangannya karena tidak adanya dana cadangan yang disiapkan. Hasilnya, banyak generasi millenials yang mengajukan hutang hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya di “tanggal tua”.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Kesalahan Generasi Millenials Setelah Menerima Gaji Pertama"

Post a Comment