4 Cara Membiayai Pendidikan Anak Tanpa Hutang - Tanpahutang.com

4 Cara Membiayai Pendidikan Anak Tanpa Hutang


Education

Fase pernikahan merupakan fase yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Seakan menjadi gerbang kehidupan baru, fase pernikahan menjadi titik awal seseorang dalam upaya menjadi orang dewasa yang mandiri. Selepas fase pernikahan, tentu ada banyak pengeluaran yang akan menjadi beban Anda selaku kepala keluarga salah satunya adalah membiayai sekolah anak yang merupakan buah hati Anda hasil pernikahan tersebut. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, biaya sekolah menjadi semakin mahal setiap tahunnya. Tak jarang para kepala keluarga berusaha mencari cara untuk membayar biaya sekolah anaknya salah satunya adalah dengan mengajukan pinjaman atau berhutang. Lalu, apakah ada cara lain untuk membiayai pendidikan anak Anda tanpa harus berhutang? Berikut ini beberapa caranya


Menabung sejak awal pernikahan

Pernikahan

Fase awal pernikahan merupakan awal dari kehidupan baru Anda. Disaat inilah Anda bisa menentukan step by step perencanaan keuangan Anda bersama dengan pasangan Anda. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak Anda nanti.
Cara yang paling mudah adalah dengan menabung sejak awal pernikahan. Menabung untuk membiayai pendidikan anak Anda sejak jauh-jauh hari merupakan cara paling bijak yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Caranya, Anda dapat membeli celengan jika ingin menabung dengan cara manual di rumah Anda. Masukkan uang secara rutin setiap hari atau setiap minggunya. Jangan buka celengan tersebut sampai waktunya tiba yakni pada saat menjelang waktu sekolah anak Anda. Cara lainnya, Anda dapat memasukkan uang yang Anda miliki kedalam rekening khusus untuk biaya sekolah anak Anda di kemudian hari.

Menabung Reksadana

Cara berikutnya yang dapat Anda gunakan jika ingin membiayai sekolah anak Anda tanpa harus mengajukan hutang adalah dengan cara menabung reksadana. Reksadana dapat menjadi pilihan Anda karena tingkat profitnya yang cukup tinggi dan tergolong liquid atau cepat proses pencairannya. Cara agar tabungan reksadana Anda bisa memenuhi kebutuhan sekolah anak Anda di kemudian hari adalah dengan cara menyisihkan sebagian uang gaji Anda secara rutin setiap bulannya untuk disetorkan kepada reksadana. Dana yang Anda setorkan nantinya akan diolah dan menghasilkan keuntungan untuk Anda dalam jangka waktu beberapa tahun kemudian. Hasilnya, uang Anda akan berkembang dan kebutuhan biaya pendidikan anak Anda pun dapat terpenuhi.


Menabung emas

Menabung Emas

Cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membiayai kebutuhan sekolah anak Anda adalah dengan cara menabung emas. Seperti halnya menabung reksadana, menabung emas dapat menjadi pilihan Anda karena memiliki sifat yang liquid atau mudah dicairkan. Selain itu, emas juga tergolong komoditi yang memiliki tren kenaikan harga setiap tahunnya. Tak hanya itu, emas juga memiliki nilai riil yang membuatnya akan terus berharga hingga kapanpun. Oleh karena itu, Anda dapat menyisihkan sebagian gaji Anda untuk menabung emas dan menyimpannya untuk kebutuhan sekolah anak Anda di kemudian hari.

Tabungan Pendidikan

Cara terakhir yang bisa Anda ikuti untuk membiayai pendidikan anak Anda tanpa hutang adalah dengan mengikuti program tabungan pendidikan yang disediakan perbankan. Beberapa perbankan memberikan program tabungan pendidikan anak dengan persentase bunga sebagai imbal hasil atas uang yang Anda tabung. Nantinya, uang tersebut dapat Anda cairkan sesuai perjanjian tenor waktu yang dapat Anda inginkan. Cara ini tergolong efektif untuk membantu Anda membiayai pendidikan anak Anda tanpa harus berhutang di kemudian hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Membiayai Pendidikan Anak Tanpa Hutang"

Post a Comment