3 Tips Liburan Tanpa Hutang - Tanpahutang.com

3 Tips Liburan Tanpa Hutang

Liburan


Di dalam kehidupan, manusia tentu tidak hanya bekerja dan bekerja setiap harinya. Dibutuhkan penyegaran diri atau liburan agar pikiran tetap terjaga kesehatannya. Sayangnya, liburan bukanlah kegiatan yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya. Tak jarang libura justru menguras kantong hingga akhirnya mencari pinjaman agar rencana liburan tetap dapat terlaksana. Untuk itu, 3 tips berikut rasanya bisa Anda terapkan jika ingin liburan tanpa harus berhutang dan tidak mengganggu kondisi keuangan Anda.


Buat rencana liburan

Rencana liburan

Segala sesuatu yang baik tentu telah direncanakan secara matang. Pun begitu halnya dengan liburan yang Anda idam-idamkan. Setiap orang tentu memiliki cara berlibur masing-masing. Ada orang yang suka travelling ke luar negeri dan menghabiskan banyak uang untuk berbelanja. Ada pula orang yang suka berlibur ke berbagai destinasi wisata alam di dalam negeri. Semuanya bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda namun sebaiknya Anda tetaplah membuat rencana liburan.
Rencana liburan bukan hanya sekedar membuat daftar tempat apa saja yang akan dikunjungi melainkan juga membuat rincian anggaran yang dibutuhkan. Liburan yang Anda jalankan tentu membutuhkan biaya yang Anda dapatkan dari penghasilan Anda setiap bulannya. Untuk itu, sebaiknya Anda merencanakan lebih detail mengenai anggaran liburan yang Anda idam-idamkan dan jangan lupa, buang anggaran untuk rencana yang kurang penting agar cashflow Anda tetap terjaga.

Menabung setiap hari secara rutin

Menabung uang setiap hari

Jika Anda sudah membuat rencana liburan beserta rincian anggaran yang dibutuhkan, maka tahapan berikutnya adalah menabung. Ya, menabung merupakan cara yang paling mudah untuk mewujudkan liburan impian Anda tanpa harus mengajukan hutang. Sayangnya, meskipun kelihatannya mudah, menabung kerap kali sulit dilakukan karena banyaknya pengeluaran yang tak terduga. Untuk itu, Anda dapat menabung dengan cara menabung secara rutin setiap harinya.
Misal, Anda telah menghitung anggaran liburan yang Anda perlukan sejumlah 3 juta rupiah. Kemudian, Anda memiliki waktu sebanyak 2 bulan atau 60 hari untuk mengumpulkan uang liburan tersebut. Jika Anda menabung sebanyak 50 ribu setiap harinya, maka Anda tentu dapat memenuhi anggaran liburan Anda tanpa harus mengajukan hutang dan mengganggu cashflow harian Anda. Ini mungkin terdengar mudah, namun Anda memerlukan kedisiplinan agar rencana liburan yang telah Anda buat dapat terlaksana.


Pilih paket perjalanan yang murah

Tips berikutnya agar Anda bisa berlibur tanpa harus mengajukan hutang adalah dengan cara memilih paket perjalanan yang murah. Saat ini, banyak jasa tour dan travel yang menawarkan paket perjalanan murah ke berbagai destinasi wisata baik domestik maupun mancanegara. Tawaran ini bisa Anda pertimbangkan terlebih jika Anda memiliki kesibukan yang padat dan tidak bisa mengatur banyak hal kecil mengenai liburan Anda nanti.
Dalam memilih paket perjalanan murah, Anda juga harus memperhatikan track record dari biro perjalanan tersebut. Sudah banyak kasus jasa tour dan travel abal-abal yang menawarkan paket perjalanan murah namun ternyata merupakan penipuan. Untuk mengetahui kualitas layanan jasa tour dan travel tersebut, Anda dapat melihat berapa banyak testimoni yang telah diberikan. Testimoni menjadi jalan ampuh bagi Anda yang ragu mengenai keaslian paket perjalanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan jasa tour dan travel. Anda dapat melihat testimoni melalui sosial media perusahaan tersebut. Jika Anda sudah yakin, jangan lupa untuk mengenai berbagai hal mendetail seputar paket perjalanan yang ditawarkan seperti biaya tambahan yang dikenakan, biaya akomodasi selama liburan dan visa perjalanan jika Anda ingin berlibur ke luar negeri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tips Liburan Tanpa Hutang"

Post a Comment