4 Kelebihan Peer to Peer Lending, Investasi Modal Kecil yang Menguntungkan - Tanpahutang.com

4 Kelebihan Peer to Peer Lending, Investasi Modal Kecil yang Menguntungkan


peer to peer lending

Investasi merupakan salah satu cara yang dilakukan sebagian besar orang untuk mendapatkan keuntungan pasif atau passive income. Dengan berinvestasi, maka Anda dapat meraih keuntungan tanpa perlu bekerja susah payah. Karena banyaknya keuntungan yang diberikan maka tak heran jika banyak orang memilih untuk berinvestasi ketika memiliki dana yang tidak terpakai.

Seiring berjalannya waktu, tren investasi pun semakin berkembang. Salah satu pengaruhnya adalah teknologi yang kini memungkinkan semua orang untuk berinvestasi secara online. Dari beragam skema investasi secara online, ada salah satu skema investasi yang cukup menarik perhatian yakni Peer to peer lending. Peer to peer lending merupakan suatu platform yang menghubungkan orang yang membutuhkan dana dengan orang yang memiliki dana. Lalu, apa saja kelebihan dari skema investasi yang satu ini? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

1.       Proses mudah

Salah satu kelebihan dari skema peer to peer lending adalah prosesnya yang mudah. Ya, sebagai investor Anda cukup mendaftarkan diri Anda dengan mengisi sejumlah form secara online. Setelah terdaftar kemudian Anda dapat memilih debitur mana yang ingin Anda pinjamkan dana serta imbal hasil yang Anda inginkan. Setelah itu, Anda cukup memproses investasi Anda secara online dan kemudian menunggu imbal dana yang Anda investasikan kembali pada jangka waktu yang telah disepakati beserta persentase bunga yang ditawarkan sebelumnya.

2.       Modal ringan

Kelebihan lainnya dari skema peer to peer lending adalah modal investasi yang cukup ringan. Jika pada beberapa investasi seperti investasi properti Anda memerlukan dana hingga ratusan juta rupiah, skema investasi peer to peer lending dapat Anda lakukan mulai dari ratusan ribu saja. Karena modal yang cukup ringan, Anda dapat melakukan skema investasi ini kapanpun Anda mau. Namun, pastikan Anda telah menghitung betul berapa kemungkinan dana yang Anda peroleh berdasarkan modal yang Anda tanamkan. Karena semakin besar modal yang Anda tanamkan semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya.

3.       Imbal hasil yang tinggi

Inilah kelebihan utama dari skema investasi peer to peer lending yakni imbal hasil yang cukup tinggi. Imbal hasil yang didapatkan skema ini bahkan melebihi bunga yang ditawarkan oleh deposito! Jika Anda menyetorkan dana Anda untuk diinvestasikan pada Deposito, biasanya Anda akan mendapatkan imbal hasil dibawah 10% setiap tahunnya. Namun, ketika Anda menanamkan dana Anda untuk diinvestasikan di platform investasi peer to peer lending, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 20% setiap tahunnya. Imbal hasil yang tinggi menjadi alasan mengapa skema investasi ini cukup menjanjikan kedepannya. Namun, sebelum berinvestasi, pastikan Anda memahami konsep high risk high return karena semakin tinggi bunga yang ditawarkan semakin besar pula risiko investasi tersebut.

4.       Dapat memilih sendiri risiko

Ketika Anda berinvestasi pada skema investasi lain, Anda biasanya harus menerima risiko yang akan terjadi pada skema investasi tersebut bukan? Berbeda halnya dengan skema investasi peer to peer lending yang memungkinkan Anda untuk memilih sendiri risiko investasi yang Anda inginkan. Dengan konsep high risk high return, maka Anda dapat memilih sendiri risiko investasi yang Anda inginkan nantinya. Investasi yang memiliki risiko tinggi umumnya menjanjikan return yang cukup tinggi pula. Pun begitu ketika investasi dengan return yang rendah maka akan memberikan risiko yang rendah pula. Karena fleksibilitas yang dimilikinya, skema investasi ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan modal kecil dan risiko yang sesuai dengan keinginan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Kelebihan Peer to Peer Lending, Investasi Modal Kecil yang Menguntungkan"

Post a Comment