7 Cara Ampuh Menghindari Hutang - Tanpahutang.com

7 Cara Ampuh Menghindari Hutang

7 Cara Ampuh Menghindari Hutang

7 cara ampuh menghindari hutang

Setiap orang pasti tidak ingin terjerat hutang. Tapi kadang keadaan tak sesuai harapan, banyak hal mendesak yang perlu diutamakan, usaha yang diperjuangkan tidak berhasil, tuntutan gaya hidup, dan lain sebagainya.

Karena alasan tersebut lah, banyak orang yang menjadi terbiasa dengan kata hutang. Mereka tidak bisa menghindari hutang. Padahal jika semua hal dipersiapkan secara matang sebelumnya, kata hutang akan jarang digunakan. Jadi, sebaiknya kita menghindari hutang sejak dini.

Berikut akan dijelaskan beberapa tips agar terhindar dari hutang.

1. Rajin Bekerja


Hidup itu untuk bekerja, yang penting bekerja keras karena Allah. Karena yang memberi rezeki itu Allah, jadi saat bekerja jangan uang yang menjadi tujuan utama.

Uang nanti akan datang jika kita mau rajin bekerja. Masalah berapa besarnya, kita pasrahkan saja pada Allah, yang penting kita sudah berusaha.

Sebagian orang yang stress karena usahanya gagal, kemungkinan besar disebabkan oleh pemikiran mereka tentang uang. Mereka menjadikan uang sebagai tujuan utama. Sehingga saat tujuan itu tidak tercapai, mereka stress dan depresi.

Harusnya mereka berpikir kalau rezeki itu sudah ada yang mengatur, jadi saat sedang ditimpa kesusahan, mereka menyadari bahwa mungkin semua itu belum rezekinya dan berusaha keras lagi dari awal.

Lalu apa hubungannya bekerja keras dengan menghindari hutang? Tentu ada hubungannya. Coba jika kita malas-malasan, tidak bekerja keras, tentu uang tidak akan datang. Dan pasti salah satu jalan yang dipilih untuk mendapatkan uang adalah berhutang.

Orang hidup memang sudah dijamin rezekinya oleh Allah. Tapi jika tidak bekerja, kita ya tidak akan punya uang. Mungkin kita masih bisa makan minum dengan bantuan orang lain, tapi untuk keberlangsungan hidup ya tetap susah jika tidak bekerja.

Maka dari itu, salah satu cara menghindari hutang adalah dengan rajin bekerja. Kita harus rajin bekerja. Tidak boleh malas-malasan. Waktu yang kita punya harus dimanfaatkan dengan baik. Jangan sampai besok menyesal karena saat ini belum ada mesin waktu yang membuat kita bisa kembali ke waktu dimana kita melakukan kesalahan.

Hindari juga pemikiran ingin cepat kaya. Kaya itu ya didapat karena kerja keras. Masalah cepat tidaknya, sudah ada yang mengatur. Orang kaya yang kita lihat mungkin hidupnya terlihat enak, tidak perlu susah payah uang sudah mengalir dengan sendirinya. Itu karena kita melihat luarnya saja. Kita tidak tahu berapa jam mereka tidur dalam sehari, tidak tahu berapa jam yang digunakan untuk memikirkan tentang pekerjaan.

 2. Membuat rencana anggaran dana


Saat sudah bekerja dan memiliki penghasilan, kita harus membuat anggaran dana. Hal tersebut perlu dilakukan agar kita tidak sembarangan dalam menghabiskan uang. Harusnya, uang pemasukan lebih besar dari uang yang dikeluarkan untuk kebutuhan.

Dengan membuat anggaran dana, kita pasti bisa menghindari hutang karena semua hal telah disiapkan secara matang sebelumnya. Hal yang biasanya masuk ke dalam anggaran dana adalah tabungan masa depan, uang darurat, uang pokok untuk kebutuhan hidup, uang khusus untuk refreshing, dan lain sebagainya.

3. Menabung


Jika sudah membuat rencana anggaran dana, kita langsung aplikasikan. Salah satu yang penting dan wajib untuk diterapkan adalah menabung. Kita harus mempersiapkan semua hal untuk masa depan. Misal jika belum menikah, untuk biaya menikah. Jika sudah menikah, ya untuk biaya sekolah anak, biaya tua dan lain lain. Untuk itu kita harus mulai menabung dari sekarang.

Selain menabung untuk masa depan, kita juga harus memiliki uang darurat. Hidup penuh misteri, jika sekarang kita sedang di atas, besok bisa saja kita di bawah. Untuk itu kita harus memiliki uang darurat yang bisa mengantisipasi segala hal, misalnya usaha yang kita rintis mengalami kerugian, keluarga tiba-tiba ada yang sakit parah, kita mengalami penipuan, pencopetan, dan hal tak terduga lainnya.

Uang darurat paling tidak besarnya tiga kali jumlah pendapatan kita per bulan. Jika sudah memiliki keluarga, ditambah lagi menjadi enam kali lipat. Dengan begitu, saat kita sedang mengalami masalah, kita bisa menggunakan uang tersebut dan tentunya bisa menghindari hutang.

Uang darurat jangan diotak-atik. Gunakan saja saat memang ada keadaan yang mendesak dan benar-benar darurat.

4. Hidup apa adanya


Jika sudah merinci semua kebutuhan, sudah menabung pula, maka selanjutnya kita harus hidup apa adanya. Dana yang dikeluarkan untuk kebutuhan harus sesuai dengan yang dianggarkan.

Jangan mengedepankan gengsi. Misal gaya hidup orang disekitar kita mewah, kita juga ikut-ikutan bergaya hidup mewah. Padahal uang yang dirinci untuk pengeluaran tidak cukup untuk bergaya hidup mewah. Nanti bisa-bisa kita mengambil uang darurat untuk memenuhi gaya hidup tersebut. Jika uang darurat sudah terpakai, kita pasti tidak bisa menghindari hutang saat ada hal tak terduga terjadi.

Jadi hiduplah apa adanya, sesuai yang telah dirinci sebelumnya. Perbanyaklah bersyukur atas semuanya. Jangan membanding-bandingkan diri dengan orang kaya, karena kita pasti merasa sengsara.

Boleh membandingkan diri dengan orang kaya, tapi di hal yang positif. Misal dari kerja keras mereka, ketekunan mereka, sikap pantang menyerah mereka, dan hal positif lainnya

5. Menghindari penggunaan kartu kredit


Cara menghindari hutang selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan kartu kredit. Kartu kredit tentunya menjadi kesenangan tersendiri. Jika kita menginginkan sesuatu, tinggal gesek.

Namun justru itu yang berbahaya, karena membuat kita tidak bisa mengontrol pengeluaran. Khususnya untuk wanita, yang memang memiliki naluri tersendiri untuk berbelanja. Ada umpan diskon, langsung termakan. Ada promo menarik, langsung tertarik.

Jadi sebisa mungkin jangan membuat kartu kredit. Jika pun sudah memilikinya, maka gunakan secara bijaksana. Jangan membeli sesuatu yang memang tidak terlalu penting.

Untuk lelaki yang sudah berkeluarga dan hidupnya pas-pasan, kalau bisa jangan memberi istri kartu kredit. Karena ya begitulah, sebagian wanita susah menahan diri. Meskipun awalnya bisa menahan diri, tapi jika lama melihat barang dengan label diskon yang besar-besaran ya akhirnya terkena juga. Pikirnya nanti, “mumpung lagi diskon, kapan lagi diskon sebesar ini”.

6. Banyak sedekah


Sedekah selain mendatangkan pahala dan sebagai ungkapan syukur, juga memberikan manfaat bagi orang lain dan diri-sendiri. Kita akan tahu keajaiban sedekah saat sedang mengalami kesusahan, entah bagaimana ceritanya, pasti ada saja jalan keluar saat mengalami kesusahan.

Dari keseluruhan gaji, sedekahkan 2,5 persennya. Lebih banyak lebih baik. Sedekahkan setelah menerima gaji. Karena jika ditunda-tunda maka akan lupa atau malah uangnya digunakan untuk hal lain.

7. Bayar hutang secara berkala


Tips ini bagi yang sudah terlanjur memiliki hutang. Segera lah bayar hutang, meskipun secara berkala. Tidak perlu mengumpulkan banyak sesuai nominal baru dibayarkan, sedikit-sedikit dahulu tidak apa-apa. Karena jika langsung banyak, bisa jadi nanti saat proses pengumpulan uang, uangnya dicomot untuk keperluan lainnya.


Demikian tadi sedikit penjelasan tentang cara menghindari hutang. Tips tak kalah penting lainnya adalah dengan selalu berdoa kepada Allah agar kita terhindar dari hutang.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Ampuh Menghindari Hutang"

Post a Comment